1 800 216 10 10
315, Chen Street

Alasan Makanan Jepang Disukai Masyarakat Dunia

Nippon adalah nama lain dari bangsa jepang. Bangsa ini mempunyai kedekatan dengan bangsa Indonesia. Pada waktu tahun 1942, Belanda menyerah kepada Jepang. Dan Jepang menjanjikan kemerdekaan untuk bangsa Indonesia. Jepang menganggap Indonesia sebagai saudara muda. Sedangkan mereka menganggap saudara tua bagi Indonesia.

Sejak kemerdekaan Indonesia diumumkan pada tanggal 17 Agustus 1945 maka negara jepang mengakui kemerdekaan Indonesia. Berbagai hubungan bilateral terjalin secara erat dalam berbagai bidang. Seperti bidang ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan. Untuk bidang pendidikan misalkan mengadakan program pertukaran pelajar antara kedua negara dan perkenalan kuliner kedua negara.

Makanan jepang yang selama ini dikenal oleh bangsa Indonesia adalah Takoyaki, Sushi, Teriyaki, Shabu Shabu, Mie Ramen, sup miso dan sate jepang.

Sebagai sesama bangsa di Asia terjadi kemiripan antara masakan jepang dan Indonesia. Misalkan Indonesia mempunyai kuliner sup maka jepang pun juga punya dengan sup miso. Apabila ditanya kepada bangsa Indonesia, ‘jenis makanan asing mana yang paling disukai maka jawaban mayoritas adalah jepang.’

Makanan jepang mempunyai kelebihan dibandingkan masakan Indonesia dan negara lain yaitu dari cara penyajian yang sederhana, tampilan menawan atau unik, bahan dasar yang mudah dibeli, penampilan yang segar dan menyehatkan dengan daging mentah.

Pertumbuhan Restoran Jepang Di Dunia

Pada saat ini restoran yang menawarkan makanan jepang terus menyebar ke berbagai negara di dunia. Bukan hanya di Asia Tenggara. Tapi juga sudah masuk ke seluruh benua asia, eropa hingga afrika. Dan pertumbuhan restoran jepang di negara-negara Afrika, Eropa, Amerika dan Asia terus bertambah besar. Sehingga pada tahun 2020 ini sangat gampang bagi anda menemukan restoran jepang.

Jepang merupakan negara yang maju di dunia. Namun masyarakatnya masih menjunjung tinggi kebudayaan tradisionalnya di jaman modern ini. Salah satu yang dijaganya dengan baik adalah kelestarian kuliner khasnya. Dan minat masyarakat dunia terhadap kuliner jepang sangat tinggi. Berdasarkan alasan kuliner jepang mempunyai bentuk yang unik, sehat, segar, cita rasa makanan yang enak, dan cara pengolahan mudah.

Alasan Makanan Jepang Disukai Masyarakat Dunia

Ada beberapa alasan masyarakat dunia seperti di Afrika, Eropa, Amerika dan Asia menyukai kuliner khas jepang, antara lain:

1.Kebersihan diperhatikan

Makanan jepang sangat memperhatikan kebersihan. Hal ini dapat dilihat dari dapur-dapur restoran jepang di seluruh dunia yang sangat menjunjung tinggi kebersihan. Bagi mereka kebersihan dan higienis adalah nomor satu. Supaya dapat mencegah keracunan makanan dan penularan penyakit berbahaya.

2 Rasa lezat

Beberapa makanan jepang yang populer di Indonesia adalah takoyaki, ramen, sushi dan teriyaki. Kesemua makanan jepang itu memiliki cita rasa yang super enak. Belum lagi ditambah oleh kuliner jepang lainnya yang tidak kalah enak. Atas inilah tak aneh jika masakan jepang digandrungi bangsa Indonesia dan masyarakat dunia.

3.Segar

Makanan jepang seringkali menggunakan daging mentah atau sayuran yang masih sangat segar. Hal ini untuk menjaga kandungan protein dan mineralnya tetap ada dalam makanan tersebut. Namun demikian, sayuran dan daging mentah dipastikan sudah terbebas dari bakteri dan virus penyakit sehingga aman dimakan.

4.Kenyang

Makanan khas jepang memberikan efek mengenyangkan bagi setiap penikmatnya. Dikarenakan mengandung nasi atau karbohidrat. Selain kenyang, makan kuliner jepang dapat membuat seseorang bahagia.

5.Tradisi baik yang kental

Salah satu tradisi kuat masyarakat jepang adalah tidak makan sampai kenyang 100 persen. Mereka berpatokan pada adat istiadat mereka bahwa “makanlah hingga kenyang 80 persen”. Dalam arti, makanan yang dikonsumsi tak mengenyangkan seluruhnya. Tapi sebagian tubuhnya diisi dengan air dan udara. Sebab kekenyangan 100 persen akan membuat seseorang jadi pemalas.

Add comment