1 800 216 10 10
315, Chen Street

Ciri Khas Makanan Jepang

Setiap negara mempunyai ciri khas dalam masakannya. Bahkan dalam skala lebih kecil lagi yaitu daerah atau wilayah memiliki keunikan dari makanannya. Contoh: Propinsi DIY Yogyakarta yang identik dengan sayur gudeg. Propinsi Sumatera Barat Padang terkenal dengan nasi padang dan sayur rendang yang pedas. Garut identik dengan dodol. Sumedang yang identik dengan tahu sumedang yang  putih berukuran kecil. Dan lain sebagainya. Begitu pula di negara jepang.

Negara jepang mempunyai kekayaan dalam bidang kuliner yang diwariskan secara turun menurun dari nenek moyang. Beberapa contohnya adalah sukiyaki, shabu-shabu, tempura dan sushi. Keempat makanan tradisional tersebut mampu memikat pecinta kuliner di seluruh dunia. Yang membuat sukiyaki, sushi, shabu shabu dan tempura menjadi makanan populer di luar jepang seperti di Indonesia.

Makanan orang jepang bukanlah makanan yang dimakan orang jepang secara keseluruhan. Karena setiap wilayah di jepang berbeda beda dalam kuliner yang dimakannya. Itu berlaku pada jaman dulu. Tapi sekarang pengertian makanan jepang adalah makanan yang dikonsumsi oleh orang jepang secara keselurahan menggunakan bumbu khas jepang. Misalkan nikujaga, gyudon, soba, mie ramen, sushi dll.

Saat ini berbagai macam makanan jepang mengalami perkembangan pesat. Makanan jepang ada yang menggunakan cara memasak ala barat. Contoh : Sarada udon, ramen, dan lain sebagainya. Sebagian para ahli berpendapat itu semua bukan makanan jepang.

Ciri Khas Makanan Jepang

Menurut para pakar, makanan jepang sangat gampang dibedakan dengan jenis makanan lain seperti masakan negara China maupun Korea. Makanan jepang mempengaruhi kuliner china dan korea. Begitu pula sebaliknya.

Berdasarkan pengamatan penulis, ciri khas makanan jepang adalah berukuran mini setiap porsinya. Bahan-bahan isiannya sangat segar seperti daging atau sayur-sayuran sehingga dapat lebih menyehatkan seperti ikan dan daging.

Berikut ini beberapa contoh bahan makanan jepang yang menjadi ciri khasnya, antara lain:

1.Sayur sayuran termasuk kacang-kacangan

2.Beras yang diolah menjadi nasi

3.Makanan laut

Perbedaan Makanan Jepang

Yang sangat mencolok menjadi ciri khas makanan jepang terletak pada bumbu yang dipakai. Umumnya negara barat dan asia memakai bumbu dari biji-bijian dan rempah-rempah. Seperti merica, cabai, dll. Makanan jepang tak menggunakan bumbu yang berasal dari biji-bijian atau rempah-rempah yang ditumbuk. Selain itu, masakan jepang tak memakai bumbu-bumbu yang berbau sangat tajam. Misalkan bawang merah atau bawang putih. Bumbu bagi makanan jepang adalah sayur sayuran yang memiliki aroma wangi dan dipotong kecil atau diparut halus.

Ciri khas berikut adalah makanan jepang terkenal memiliki lemak yang rendah dan kadar gula yang sangat tinggi. Berikut ini beberapa bumbu khas jepang yang wajib ada di setiap masakannya dan dimasukkan secara berurut, antara lain: gula pasir, garam, air cuka, kecap asin dan miso. Ini berbeda sekali dengan masakan dari eropa, Indonesia atau china yang tanpa perlu berurutan dalam pemberian bumbu pada sebuah masakan.

Sama seperti di negara Indonesia yang merupakan makanan pokok orang jepang adalah nasi. Misalkan nasi yang ditambah dengan lauk, sup dan palawija.

Menjadi ciri khas makanan jepang berikut adalah makanan jepang tanpa mengenal tahapan. Tidak seperti makanan china atau eropa yang mengenal sajian makanan pembuka, makanan penutup, makanan cuci mulut dan lain sebagainya. Makanan jepang tak mengenal itu semua. Semua makanan jepang disajikan secara sekaligus.

Itulah beberapa ciri khas makanan jepang. Perbedaan inilah yang menjadi masakan jepang sangat menarik. Anda dapat menikmati kuliner ini di restoran jepang terdekat.

Add comment